Selasa, 29 Maret 2016

Fakta Bank Mandiri

0

Bank Mandiri yang sudah lama menemani Indonesia, memiliki banyak fakta dan sejarah yang panjang pula. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk.  adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu,Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia(Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.  Sejarah empat bank tersebut dapat ditelusuri kembali lebih dari 140 tahun, dan bersama-sama mereka merangkum perkembangan sektor perbankan di Indonesia.

Bank Dagang Negara merupakan salah satu bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah yang membiayai sektor industri dan pertambangan.

Bank Bumi Daya didirikan melalui suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara digabungkan ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.

Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonesia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim, bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.

Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620

ARTI DAN FILOSOFI LOGO BARU BANK MANDIRIPerubahan Logo Bank mandiri tidak mengubah Legal Name (PT Bank mandiri (Persero) Tbk.), dan Nick Name (Bank Mandiri).Logo baru Bank mandiri (tanpa kata bank) sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia ke depan yang akan mengijinkan Bank untuk menjual produk-produk non Bank seperti Reksadana, Bank Insurance dll, serta sejalan dengan rencana Bank Mandiri memiliki anak perusahaan non Bank.

·         Melambangkan sikap ramah dan rendah hati
Ramah terhadap semua segmen bisnis yang dimasuki, menunjukkan keinginan yang besar untuk melayani dengan rendah hati (Customer Focus).·         Warna Huruf Biru Tua
Biru melambangkan rasa nyaman, tenang, menyejukkan, warna ini umumnya dipakai oleh institusi di bidang jasa. Warisan luhur, stabilitas (Command, memimpin) dan serius (Respect) serta tahan uji (Reliable). Dasar pondasi yang kuat, berhubungan dengan kesetiaan, hal yang dapat dipercaya, kehormatan yang tinggi (Trust, Integrity). Simbol dari spesialis (Professionalism).

·         Gelombang Emas Cair Sebagai Simbol dari Kekayaan Finansial di Asia
Lengkungan emas sebagai metamorphosa dari sifat Agile, Progresif, Pandangan ke depan. (Excellence), fleksibilitas serta ketangguhan atas segala kemungkinan yang akan dating.·         Warna Kuning Emas (kuning ke arah orange)
Warna logam mulia (emas) menunjukkan keagungan, kemuliaan, kemakmuran, kekayaan. Menjadikan kita merasa tajam perhatiannya (warna yang menarik perhatian orang), aktif, kreatif dan meriah, warna spiritual dan melambangkan hal yang luar biasa. Warna ini juga ramah, menyenangkan dan nyaman. Warna ini diterima sebagai warna riang, membuat perasaan anda bahwa masa depan lebih baik, cemerlang dan menyala-nyala.
Dijelaskan oleh Agus Martowardojo selaku direktur utama dalam news release di situs resmi mereka bahwa Bank Mandiri memiliki budaya organisasi yang mampu mendorong prestasi mereka, yaitu TIPCE (Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus, Excellence). Apakah itu?
•Trust : Membangun keyakinan dan sangka baik di antara stakeholder dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan
•Integrity : Setiap saat berfikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode etik profesi
•Professionalism : Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab
•Customer Focus : Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan
•Excellence : Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal dan hasil yang terbaik secara terus menerus
Dengan Trust, Mandiri ingin menunjukkan sikap jujur, tulus, dan terbuka mereka dengan harapan mendapatkan kepercayaan dari publik sehingga mereka akan menghargai dan mau diajak bekerja sama untuk membantu Bank Mandiri menjadi regional champion bank. Integrity merupakan budaya kerja yang menekankan pada sikap disiplin, dan konsisten dalam berpikir, berkata, dan bertindak sesuai prinsip moralitas dan kode etik profesi. Poin Professionalism menjelaskan Bank Mandiri mengutamakan keahlian dan kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik. Customer Focus adalah nilai dimana perilaku inovatif, proaktif, dan cepat tanggap diutamakan untuk memberikan kepuasan pada pelanggan bahkan untuk melebihi harapan pelanggan. Yang terakhir Excellence berorientasi pada nilai tambah dan perbaikan yang dilakukan terus menerus untuk mendapatkan nilai optimal dan hasil terbaik terus menerus.

Family Day & Family Gathering
Kegiatan family gathering merupakan suatu kegiatan yang dilakukan karyawan dan keluarga dalam suatu organisasi atau perusahaan, dimana sesama warga berkumpul bersama untuk pergi ke luar kota dan melakukan kegiatan family gathering tersebut. Biasanya kegiatan family gathering dilakukan dengan pergi ke luar dari kota, seperti daerah-daerah sejuk dan pegunungan atau di daerah pantai.
Family Gathering pada dasarnya memiliki kegunaan antara lain :~ Menjalin suatu relasi dan menjaga hubungan baik antara sesama karyawan dalam perusahaan atau organisasi.
~ Saling mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara  keluarga karyawan yang satu dengan yang lainnya.
~ Mempererat kerja sama antara sesama karyawan perusahaan dan organisasi.
~ Menghilangkan beban pekerjaan yang selama ini dilakukan, dengan family gathering ini diharapkan seluruh karyawan dapat berbahagia dan segar kembali, sehingga pada saat bekerja nanti dalam keadaan fresh ( segar ).
Tidak jauh beda dengan Bank mandiri yang melakukan kegiatan family gathering pada bulan oktober tahun 2012 lalu melalui kegiatan rekreasi keluarga ke tempat wisata Dufan. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka perayaan ulang tahun Bank mandiri.


Sumber : Surat Kabar Merdeka.com 6 oktober 2012
Employee Gathering
Kegiatan Employee Gathering merupakan kegiatan perkumpulan yang dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan Bank mandiri. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dimana saja. Misalnya saja kegiatan employee gathering yang dilakukan pada tahun 2011 lalu, bank mandiri melaksanakan kegiatan employee gathering dengan senam pagi bersama dan melakukan kegiatan outbond. Agenda rutin tahunan ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkumpul, bersenang-senang disela-sela rutinitas dan bertatap muka dengan para Direksi.

Sumber : Website Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id/)

Outbond Training Bersama Lembaga Pelatihan OASE
Program Outbond ini mengajak seluruh karyawan untuk bermain game. Seperti yang diberitakan di oaseindonesia.com pada 12 Desember 2013, tim OASE menjelaskan esensi dari game ini adalah membuka wawasan karyawan akan pentingnya kepemimpinan, kreatifitas, integritas, ketepatan, disiplin, kerjasama antar karyawan, dan spiritual. Beberapa poin tersebut adalah hal yang harus dimiliki karyawan untuk mencapai profesionalitas kerja.
Sumber : Website OASE (oaseindonesia.com)
Employee Club
Employee club yang dilaksanakan oleh bank mandiri ini merupakan salah satu program kegiatan internal yang pada dasarnya tidak jauh beda dengan kegiatan employee gathering. Pemenuhan kegiatan employee club ini dilaksanakan oleh Bank mandiri dengan membentuk beberapa club yang telah disepakati oleh seluruh karyawan, yakni kegiatan futsal, memancing, bersepeda, dll.

Beasiswa S2 bagi Karyawan
Program Beasiswa S2 bagi Karyawan ini diberikan untuk menciptakan motivasi tinggi atau membentuk iklim kerja yang positif. Program ini tidak semata-mata diberikan kepada karyawan, namun terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Mandiri Excellence Award (Penghargaan Tahunan bagi Karyawan)
Penghargaan ini diselenggarakan setiap tahun untuk menjaring unit kerja terbaik di bank tersebut. Tentu saja, mendapat gelar unit kerja terbaik adalah kebanggaan tersendiri bagi insan Bank mandiri (BM).
Untuk mendapatkan Mandiri Excellence Awards, setiap unit kerja harus memperoleh nilai 500 poin. Salah satu komponen yang dinilai adalah poin learning culture. Dengan mengumpulkan 250 poin, suatu unit kerja akan mendapat 100 poin untuk kategori learning culture.

Majalah Internal Mandiri


Sumber : Website Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id/)
Majalah internal ini bernilai plus dalam suatu perusahaan, karena dengan adanya majalah media internal ini dapat meningkatkan citra sebuah perusahaan di kalangan masyarakat dan dapat memberikan informasi perusahaan tersebut secara tidak langsung.
Penerbitan majalah internal ini bertujuan untuk memberikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan perusahaan dan beberapa informasi tentang perbankkan yang dibutuhkan oleh para nasabah Bank mandiri. Majalah internal ini ditujukan untuk para nasabah, agar para nasabah mengenal dan semakin loyal terhadap Bank mandiri.

Pelatihan atau Training
Akan tetapi, dari banyaknya program-program internal yang dilakukan, training menjadi yang paling diunggulkan, tujuannya tidak lain adalah membentuk sumber daya manusia yang lebih baik bagi perusahaan ataupun bagi negara. Hal ini dibuktikan dengan pembentukan Mandiri Training Center yang memberikan pelatihan-pelatihan terutama untuk melatih para karyawannya. Pelatihan-pelatihan ini dilakukan secara berkala dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Bank mandiri, dan mempersiapkan karyawannya untuk menjadi karyawan unggul dalam bidangnya.


Sumber : Website Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id/)

Strategi Komunikasi Eksternal
      Strategi komunikasi eksternal yang dilakukan oleh pihak Bank Mandiri tidak terlepas dari pembentukan citra perusahaan di mata masyarakat sehingga mengahsilkan kesuksesan perusahaan itu sendiri. Bank Mandiri melakukan strategi komunikasi ekternal dengan bersikap ramah kepada nasabah, baik melayani pelayanan perbankan maupun pelayanan menangani masalah nasabah (customer service). Keramahan dan penyelesaian permasalahan yang tepat merupakan pelayanan maksimal atau pelayanan prima yang diberikan oleh Bank Mandiri sebagai strategi komunikasi eksternalnya.
      Bahkan lebih dari itu, hubungan yang baik dengan masyarakat (nasabah) menjadi budaya perusahaan yang terus membentuk citra Bank Mandiri sehingga membentuk pegawai atau SDM yang profesionalis. Strategi komunikasi ekternal yang dilakukan oleh pihak Bank Mandiri yakni dengan melakukan transparansi informasi kepada nasabah atau masyarakat. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai strategi komunikasi sehingga membuat Bank Mandiri menjadi Bank yang sukses di bidang perbankan.

STRUKTUR ORGANISASI



Penjelasan :
Struktur organisasi yang digunakan oleh Bank mandiri di atas merupakan bentuk struktur organisasi lini (Line Organization Structure), yaitu organisasi yang wewenang atasan langsung ditujukan kepada bawahan, karena bawahan bertanggung jawab langsung kepada atasannya dan adanya suatu perintah. Pembagian tugas dan wewenang dalam Bank mandiri jika di lihat dari struktur organisasinya sangat jelas dan sangat tertata.

~ Pada Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.

Karakteristik Kegiatan Internal Relationship Bank Mandiri
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nyayu Ade Ilmiyanti, dalam skripsinya yang berjudul ‘Penggunaan Media Internal dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Penggunaan Majalah Mandiri dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Perusahaan di Kalangan Karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Solo Sriwedari Tahun 2010)’ disimpulkan bahwa :
·  Terdapat hubungan antara penggunaan majalah Mandiri dengan terpenuhinya kebutuhan informasi mengenai perusahaan pada responden. Semakin sering responden menggunakan majalah Mandiri sebagai media informasinya maka akan semakin tinggi rasa terpenuhi akan kebutuhan informasi responden mengenai perusahaan.
·      Penilaian karyawan terhadap majalah internal Mandiri secara garis besar adalah positif. Sebagian besar responden setuju terhadap format media dan pengemasan informasi majalah Mandiri yang selama ini telah terbit. Namun dari dimensi distribusi, responden merasa bahwa penerbitan majalah Mandiri masih tidak tepat waktu dan pendistribusiannya pun masih suka terlambat. Sedangkan dari dimensi isi media, menurut responden, majalah Mandiri bersifat informatif dan edukatif, namun kurang menghibur. Pada setiap terbitan majalah Mandiri , rubrik seperti produk dan jasa, dari cabang, info terkini, antar kita, message from the board, telah disajikan dengan baik. Namun responden tidak terlalu tertarik dengan rubrik sorot, antar SBU, kolom. Karena menurut responden,informasi tersebut tidak begitu dibutuhkan. Sedangkan responden memiliki penilaian negatif terhadap rubrik seperti tunjangan, jenjang karir, cara naik ke jenjang karir yang lebih tinggi, laba perusahaan. Hal ini terjadi karena informasi tersebut tidak disajikan dan tidak ditemukan di dalam majalah Mandiri secara rutin.
·       Pemenuhan informasi karyawan mengenai perusahaan secara garis besar juga positif. Responden merasa terpenuhi kebutuhan informasinya mengenai perusahaan, seperti visi dan misi, rencana bisnis, kompetitor, perkembangan teknologi dan rencana perusahaan. Responden juga dapat mendapat informasi mengenai kegiatan perusahaan di kantor pusat, sedangkan informasi antar cabang perusahaan juga dapat diperoleh dengan menggunakan majalah Mandiri.
·      Dilihat dari hasil analisis data Korelasi Tata Jenjang Spearman, hasilnya adalah majalah internal memiliki hubungan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan tentang perusahaan. Ini berarti salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan yang digunakan untuk menciptakan pemahaman karyawan adalah melalui media internal.

Budaya organisasi yang dimiliki menjadi faktor keberhasilan dari bank ini.


Kegiatan Internal Relationship Bank Mandiri
Internal komunikasi Bank Mandiri memanfaatkan media internal yang diberi nama Majalah Mandiri. Majalah Mandiri menjadi salah satu media kegiatan komunikasi Bank Mandiri yang berupaya sebagai jembatan komunikasi antara pihak manajemen dengan karyawan. Majalah Mandiri memiliki peran penting untuk menciptakan komunikasi dua arah (timbal balik) antara publik internal dengan perusahaan. Majalah Mandiri berfungsi sebagai media informasi perusahaan serta sarana bagi pihak manajemen dalam mengetahui keinginan, pertanyaan dan kritik dari karyawan mengenai Bank Mandiri.


~ Mendapat juara 3 pada Indonesia Banking Award 2014 dalam kategori The Best Bank In Digital Services. Diserahkan pada tanggal 17 Oktober 2014

~ Mendapatkan penghargaan pada Capital Market Awards 2014 yang diselenggarakan oleh OJK, sebagai Emiten Obligasi Terbaik. Diberikan pada tanggal 13 Mei 2014



*source:
http://lotsofloveathere.blogspot.co.id/2013/02/fakta-membuktikan-bank-mandiri-bank.html
http://delakenyo-pscjumat.blogspot.co.id/2014/04/strategi-komunikasi-perusahaan-bank_1869.html
http://januarilham-komunikasiinternalrabu.blogspot.ae/2014/03/karakteristik-kegiatan-internal.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Mandiri
http://kolodit.blogspot.co.id/2014/10/fakta-seputar-bank-mandiri.html

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut