Selasa, 15 Maret 2016

Fakta Intel Corporation

0

Fakta Intel Corporation



Intel Corporation adalah perusahaan yang terkenal sebagai penyedia chip semikonduktor. Intel Corporation adalah penemu x86 yang banyak ditemukan di komputer dunia. Intel sendiri sudah melalui 40 tahun perjalanan panjang dengan beberapa fakta menarik yang dapat kita simak.


1. Berubah nama baru
Nama baru terfikirkan karna adanya katasirkuit terpadu (integrated circuit) dan elektronika. Sehingga mereka sepakat untuk menamai perusahaan dengan nama INTEL (INTegrated circuit and ELectronica). Cukup menarik ya awal mula penamaannya. Dan sejak saat itu, nama Intel begitu tenar hingga seluruh dunia bahkan hingga kini. Ada sebuah hotel yang menggunakan nama yang sama setelah intel meresmikan namanya. Sehingga hotel tersebut harus membayar uang sebesar $15.000 dolar untuk memakain nama Intel. Waw, baru nama saja sudah menuai keuntungan. Apalagi produknya ya? :D

2. Chips

Intel pertama kali sukses di tahun 1971 dalam bentuk mikrokomposernya 4004 yang berisi 2300 transistor dan 4 bit CPU. Hal ini terus dikembangkan intel sampai kemudian adanya CPU 8088 yang berisi 29000 transistor dan digunakan dalam komputer IBM. IBM menggunakan vendor luar untuk pertamakali bermitra dan mengubah dunia keKomputeran. Untuk prcosor Core 2 duo memiliki 100.000 kali lipat jumlah transistor dibandingkan 4004. Waw, begitu pest perkembangannya ya.

3. Bagaimana Intel mendapatkan namanya.
Intel didirikan pada tahun 1968 oleh fisikawan Robert Noyce dan ahli kimia Gordon Moore. Dari kedua nama ini, Intel awalnya dinamai ‘Moore Noyce’ yang didengar seperti ‘More Noise’ atau sama dengan ‘lebih banyak suara’. Nama itu kemudian diganti menjadi NM Electronics. Setahun kemudian, nama ini kemudian diganti menjadi nama yang tidak asing bagi kita sekarang ‘Intel” yang merupakan singkatan dari ‘Integrated Electronics

4. Seragam Intel
Intel membuat chip silikonnya di area khusus yang dinamakan ‘cleanroom’. Teknisi di cleanroom Intel memakai seragam atau jas khusus yang dinamakan ‘bunny suit’ atau pakaian kelinci. Seragam ini yang menjaga kemungkinan kontaminasi seperti serat dan rambut. Seragam ini menjadi seragam standar dicleanroom Intel pada tahun 1973.
Seragam Intel
5. Seluas Lapangan Sepak Bola
Lebih dari tiga lapangan sepak bola bisa muat di dalam sebuah cleanroom Intel. Selain itu, sistem monorel juga digunakan untuk mengangkut wafers atau dikenal sebagai material tipis semikonduktor dan rel ini berjarak 3 mil.


clean room intel
6. Intel Pernah Menjual Jam Tangan
Pada Tahun 1972, Intel pindah ke pasar perhiasaan untuk membuat jam tangan digital Microma. Pada saat itu, jam tangan digital dianggap berteknologi tinggi dan menjual ratusan dolar. Pada tahun ini juga Intel meluncurkan mikroprosesor, 8 – bit.

jam tangan intel
7. Museum Intel
Intel memiliki sebuah museum yang bangunannya memiliki artefak yang berbeda dan menampilkan fakta unik mengenai perusahaan tersebut yang telah berdiri selama 40 tahun lebih. Museum ini dikunjungi oleh lebih dari 80.000 orang setiap tahunnya.

museum intel
8. Pernah Mengajar Steve Jobs
Robert Noyce selalu membantu orang–orang muda yang tertarik dengan teknologi dan telah mengajarkan mereka banyak hal hingga mencapai kesuksesan. Diantara orang–orang tersebut, salah satunya adalah Steve Jobs, yang menciptakan Apple. Ini merupakan hubungan yang unik antara kedua orang terkemuka di bidang IT.

steve jobs intel
9. Meluncurkan Komputer Single-Board
Di tahun 1976, Intel meluncurkan komputer single-board pertama di dunia dan dinamai dengan iSBC 80/10.

10. Intel Inside
‘Intel Inside’ diluncurkan pada tahun 1991 yang mendorong merek atau brand ini menjadi salah satu merek yang paling popular di dunia.

intel inside
11. Memberhentikan 10% dari para pekerjanya.
Menghadapi kesulitan ekonomi, CEO Paul Otellini memberhentikan sekitar 10.500 tenaga kerjanya selama tahun 2006 – 2008. Jumlah tersebut setara dengan 10% dari total para pekerjanya.
12. Keuangan
Pada tahun pertama Intel mendapatkan total pendapatan $ 2,672. Setiap sahamnya seharga $23.50 dan sekarang itu setara dengan $54 milyar dollar. Pada tahun 2010, perusahaan ini dikabarkan menghabiskan 7 milyar dollar hanya untuk penelitian dan pengembangan perusahaan.

13. Mengakuisisi Perusahaan Yuneec
Perusahaan semikonduktor yang berbasis di Santa Clara, California ini memang serius dalam langkahnya melebarkan sayap ke industri drone. Tidak tanggung-tanggung, pada bulan Agustus 2015 Intel telah menginvestasikan dana sebesar Rp 834 milyar kepada perusahaan pembuat drone asal Hong Kong, Yuneec.

14. Menjadi Salah Satu dari 5 Akuisisi Termahal
Pertengahan Maret 2011, perusahaan semikonfuktor terbesar di dunia, Intel secara resmi mengakuisisi perusahaan antivirus McAfee dengan tebusan mencapai US$7,68 miliar atau setara dengan Rp109 triliun. Keputusan ini merupakan langkah akuisisi yang terbesar bagi Intel sepanjang 42 tahun kiprahnya di industri teknologi. Akuisisi ini juga dianggap sebagai sebuah langkah yanng cukup mahal untuk membuktikan komitmen Intel menjual lebih banyak chip ke dalam PC dan server.

15. XScale Dijual
Pada tanggal 27 Juni 2006, penjualan aset XScale Intel diumumkan. Intel setuju untuk menjual bisnis prosesor XScale kepada Marvell Technology Group sekitar $ 600.000.000. Langkah ini dimaksudkan agar Intel berfokus kepada sumber daya di x86 dan bisnis inti. Akuisisi selesai pada November 9, 2006



16. Cikal Bakal Perkembangan Prosesor Komputer
Pada tahun 1971 prosesor Intel mengeluarkan processor seri MCS4 yang merupakan cikal bakal dari prosesor i4040. Processor 4 bit ini yang direncanakan untuk menjadi otak calculator , pada tahun yang sama (1971), intel membuat revisi ke i440. Awalnya dipesan oleh sebuah perusahaan Jepang untuk pembuatan kalkulator , ternyata prosesor ini jauh lebih hebat dari yang diharapkan sehingga Intel membeli hak guna dari perusahaan Jepang tersebut untuk perkembangan dan penelitian lebih lanjut. Di sinilah cikal bakal untuk perkembangan ke arah prosesor komputer.


17. Server Chip
Pada bulan Juli 2011, Intel mengumumkan bahwa chip server-nya, The Xeon series, akan menggunakan sensor baru yang dapat meningkatkan efisiensi pendinginan data






18. Intel® Pentium® II Processor

Prosesor Intel Pentium II ialah prosesor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan pertama kali pada Mei 1997. Sebelum diberi nama Pentium II, prosesor ini dikenal dengan codename Klamath.
Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Dengan menggunakan teknologi 350 nanometer (0.35 mikron) dan 250 nanometer (0.25 mikron) dan dilengkapi dengan instruksi MMX, prosesor ini menjadi prosesor untuk mainstream setelah Pentium MMX, setelah Pentium Pro mengalami kegagalan pada kelas desktop dan laku hanya pada server.

19. Intel® Pentium® 4 Processor

Pentium 4 adalah mikroprosesor generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel dan dirilis secara resmi pada tanggal 20 November 2000, meneruskan prosesor Pentium III. Nama perkenalan generasi awalnya adalah Willamette, kemudian dikembangkan kembali dengan nama perkenalan Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill.
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

20. Sistem Keamanan Mobil
Pada tahun 2011, Intel mengumumkan bahwa mereka bekerja pada sistem keamanan mobil yang terhubung ke smartphone melalui aplikasi. Aplikasi ini bekerja dengan streaming video ke layanan cloud jika mobil Anda rusak di dalam.





21. Top customers

Pada February 2009, customer terbesar Intel adalah Hewlett-Packard dan Dell 


22. Membangun Sekolah
Di Rio Rancho, New Mexico, Intel adalah perushaan terkemuka. Pada tahun 1997, sebuah kerjasama komunitas antara Kabupaten Sandoval dan Intel Corporation yang berakhir dengan dibangunnya SMA Rio Rancho








23. IT Manager 3: Unseen Forces
IT Manager III: Unseen Force adalah permainan simulasi IT berbasis web dari Intel. Di dalamnya Anda mengelola departemen  IT di sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk menerapkan teknologi dan keterampilan untuk memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dari usaha kecil menjadi perusahaan global

24. Kontroversi Agama
Yahudi Ortodoks telah memprotes Intel bekerja di Israel pada hari Sabtu, Shabbat. Intel melingkari kantor dengan kawat berduri sebelum demo dimulai, tapi tidak ada kekerasan. Pada Desember 2009, situasi telah stabil untuk intel Israel sementara beberapa karyawan dilaporkan bekerja lembur pada Sabat.


25. intel-core-i7
Core i7 Sendiri adalah Processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.












sumber: 
http://crazzyart01.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-perkembangan-mikro-processor.html
http://hanya-ingin-berbagi-ilmu.blogspot.co.id/2012/10/perkembangan-sejarah-intel-processor.html
http://terungkapny.blogspot.co.id/2014/12/terungkap-fakta-tentang-intel.html
http://blj.co.id/2015/07/03/10-fakta-menarik-tentang-intel-corporation/
https://en.wikipedia.org/wiki/Intel

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut